Dewan Adat Gorontalo Dideklarasikan

Kompas/Aris Prasetyo
Dua anggota Dewan Adat Gorontalo atau Duango adati lo Hulonthalo sedang berdiri membacakan deklarasi pembentukan Dewan Adat, Rabu (4/7/2012) di Kota Gorontalo.

GORONTALO, KOMPAS.com – Duango adati lo Hulonthalo atau Dewan Adat Gorontalo dideklarasikan di Rumah Adat Dulohupa, di Jalan Sudirman, Kota Gorontalo, Rabu (4/7/2012). Deklarasi tersebut dihadiri tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta staf ahli Gubernur Gorontalo dan kepala daerah se-Gorontalo.

Dewan adat tersebut beranggotakan 11 orang yang dianggap menguasai dan mengerti tentang adat-istiadat Gorontalo. Salah satu fungsi dewan adat ini adalah untuk meluruskan kembali adat istiadat di Gorontalo yang melenceng. Dewan ini sekaligus sebagai rujukan atau wadah berkonsultasi mengenai adat Gorontalo.

“Beberapa adat di Gorontalo yang mulai melenceng atau hilang antara lain adat dalam upacara perkawinan atau penobatan kepala daerah. Contohnya, ada warga yang berpakaian putih atau biru pada acara perkawinan. Padahal menurut adat Gorontalo, warna putih atau biru tersebut dipakai untuk menghadiri upacara pemakanan,” ujar Sekretaris Dewan Adat Gorontalo Alim S Niode.

Dalam sambutan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang dibacakan staf ahli Gubernur Gorontalo bidang pemerintahan, Ramis Luwiti, Gubernur Gorontalo menyatakan Pemerintah Provinsi Gorontalo mendukung penuh deklarasi Dewan Adat Gorontalo.

Gubernur berharap ada jalinan kerja sama antara pemerintah daerah dan tokoh adat se-Gorontalo dengan terbentukan Dewan Adat tersebut. “Mari kita duduk bersama menyatukan paham untuk memperlancar pembangunan di Gorontalo. Adat yang sudah ada kita pegang teguh, dan jangan direkayasa,” demikian dibacakan Ramis.

 

 

Editor :
Sonya Hellen Sinombor
Categories: Travelling rumah adat | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: